Download Petunjuk Teknis BOS 2015

Juknis BOS 2015 - Pada tanggal 2 desember 2014 informasi tentang teknis penggunaan Dana Bantuan operasional Sekolah ( BOS ) tahun anggaran 2015 telah dipublikasikan oleh pihak Direktorat jenderal Dikdas kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud ). Petunjuk ini dikeluarkan dengan tujuan agar sekolah-sekolah di Indonesia memahami cara menggunakan biaya non personalia ini sesuai peraturan pelaksanaan BOS yang telah ditetapkan pemerintah.

BOS merupakan program bantuan biaya operasi bagi satuan pendidikan yang berasal dari pemerintah, namun ada jenis pembiayaan investasi yang diperbolehkan dibiayai oleh dana BOS. Tujuan utama dana BOS yang utama tentunya meringankan beban masyarakat dalam pembiayaan pendidikan guna mewujudkan wajib belajar 9 tahun.

Selain itu peran BOS adalah Memenuhi kebutuhan sekolah dalam mencapai standar pelayanan minimal ( SPM ) serta pencapaian standar nasional pendidikan yang baik. Oleh karenanya dana BOS harus dimanfaatkan dengan baik bagi pengelolahnya, sehingga apa yang dicita-citakan bangsa kita dapat terwujud dengan cepat.

Sedangkan Tujuan khusus dari penggunaan dana BOS ini adalah membebaskan seluruh pungutan biaya apapun bagi peserta didik yang kurang mampu maupun yang mampu di sekolah negeri dan swasta. jadi sudah jelas peserta didik bebas dari biaya sekolah, lalu mengapa masih ada sekolah-sekolah yang melakukannya ?

Dalam mencegah terjadinya kecurangan dalam penggunaan dana BOS, kepala sekolah berperan penting mengatur keuangan penggunaan dana BOS sesuai dengan peraturan yang tertera dijuknis 2015. Kepala sekolah bertanggung jawab jika dana bos digunakan untuk kepentingan yang melanggar peraturan BOS. Kepala sekolah harus memperhatikan apakah guru-guru meminta pungutan biaya kepada peserta didik di sekolahnya. karena saat ini masih banyak sekolah-sekolah yang tidak menggunakan dana BOS sesuai dengan posnya. Oleh karena itu, jangan sampai kejadian ini menimpa sekolah anda.

Adapun untuk mengetahui info lengkap mengenai petunjuk BOS. Silahkan DOWNLOAD file lengkap JUKNIS BOS tahun 2015.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Download Petunjuk Teknis BOS 2015"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.