Persyaratan Program Beasiswa Bidik Misi Pemerintah

Program bidik misi pemerintah - Bidikmisi merupakan suatu program berupa bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah melalui (Ditjen Dikti) yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi dibidang akademik dan kurang mampu. Beasiswa Bidik Misi akan diberikan ketika calon mahasiswa telah diterima di Pergruan Tinggi untuk program Diploma dan S1, dengan syarat mahasiswa tersebut berstatus aktif.

Beasiswa Bidik Misi memiliki tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa dalam menimba ilmu, apalagi mereka yang memiliki masalah dengan perekonomian. Selain itu beasiswa bidik misi bertujuan menciptakan sebuah akses agar siswa memiliki kesempatan yang sama dengan mahasiswa lain yang mampu dalam hal perekonomian dalam belajar di perguruan tinggi negeri. Kemudian dengan adanya beasiswa bidik misi, keberlangsungan mahasiswa dalam menyelesaikan studi tepat waktu akan terjamin. Mahasiswa dapat meningkatkan meningkatkan prestasi mereka dengan mengikuti ekstra kurikuler yang ada di setiap perguruan tinggi. Terlebih lagi beasiswa bidik siswi akan mebuat siswa lain merasa iri, sehingga mereka akan terpacu dan terdorong dalam meningkatkan prestasi mereka agar mereka juga mendapatkan besiswa ini. Setela itu, dengan hadirnya beasiswa bidik misi, diharapkan akan munculnya lulusan yang produktif, mandiri, dan mempunyai kepedulian sosial, sehingga mereka dapat memutus mata rantai kemiskinan dan memberdayakan masyarakat.

Baca juga: Informasi Daftar Beasiswa Kuliah S2

Awalnya, program bidik misi pemerintah pada tahun 2010 hanya diperuntukan bagi 10 ribu mahasiswa. Tapi sekarang meningkat setiap tahun menjadi 60 ribu. Selama kurang lebih 4 tahun terdapat 240 ribu mahasiswa yang telah terbiayai dan akan ada 60 ribu lagi pada tahun selanjutnya. Program beasiswa tersedia di kampus negeri ataupun swasta. Progarm bidik misi dipastikan dapat meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Menurut Djoko Santoso (Dirjen Pendidikan Tinggi) terdapat 5% program Bidik Misi yang belum terserap dikarenakan terdapat mahasiswa yang belum mengambil beasiswa tersebut. Menurut Mendikbud supaya program Bidik Misi bisa terserap dengan baik, pengelolaannya harus terus dibenahi dan disempurnakan.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

Berikut, beberapa persyaratan bagi calon penerima bidik misi. Siswa lulusan SMA atau sederajat yang akan lulus. Usia paling tidak saat mendaftar maksimal 21 tahun. Kemudian mereka yang kurang mampu dalam hal ekonomi. Dimana Pendapatan kotor dari orangtua/wali maksimal per bulan adalah Rp3.000.000,00. Pendapatan tersebut meliputi semua penghasilan yang telah diperoleh. Kemudian Pendapatan kotor dari orangtua/wali tersebut dibagi jumlah dari anggota keluarga. Paling tidak pendepatan tersebut maksimal setiap bulan sebesar Rp750.000,00. Pendidikan orang tua maksimal S1 atau Diploma 4. Calon penerima beasiswa bidik misi juga harus memiliki prestasi yang bagus, dan direkomendasikan oleh masing-masing sekolah. Demikianlah, artikel tentang program bidik misi pemerintah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Persyaratan Program Beasiswa Bidik Misi Pemerintah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.