Penting Diperhatikan Tupoksi OPS (Dapodik atau PUPNS)

Operator sekolah pilih mana, Dapodik atau PUPNS. Sahabat pendidik dan tenaga pendidik yang saya hormati. Sebagaimana kita ketahui, di media sosial khususnya grup Fb OPS memang banyak sekali keluhan OPS masalah dapodik dan e-PUPNS. Walaupun demikian salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh operator sekolah adalah tugas utama sebagai operator dapodik, pada tulisan kali ini, sesama hambanya kita harus saling mengingatkan, selesaikan terlebih dahulu data dapodik. Mari jadikan ini pertanyaan untuk Intropeksi kevlaidan data dapodik sekolah kita.

  1. SUDAHKAH KITA MENGECEK DATA SEKOLAH, PTK dan PD SESUAI DENGAN DOKUMEN YANG ADA...???
  2. SUDAHKAN KITA MELAKUKAN SINKRONISASI Dengan VERSI DAPODIK TERBARU...???
  3. SUDAHKAH KITA MENGUBAH VERSI APLIKASI DAPODIK SEKOLAH ANDA...??? Dari versi 4.00 menjadi versi 4.01...???
baca juga: Cara Update Dapodik 4.0.0 ke 4.0.1

Mari kita saling mengingatkan, batas akhir sinkronisasi dapodik tangal 20 september 2015, sedangkan batas akhir e-pupns tanggal 31 desember 2015. jangan sampai gara-gara konsentrasi terpecah dapodiknya berantakan, banyak ptk di sekolah anda yang tidak keluar tunjangan sertifikasinya karena data tidak valid, padahal itu tugas wajib bagi anda ops.

Ini akan berakibat fatal.

lihat sk dan surat tugas anda yang diterbitkan oleh sekolah dan ditandatangani oleh kepala sekolah, berbunyi : "...sebagai operator sekolah untuk mengelolah data pokok pendidikan (dapodik) dan pada situs, http://sdm.data.kemdikbud.go.id. kementerian pendidikan dan kebudayaan....". Tidak ada tercantum operator e-pupns. lihatkan sk dan surat tugas itu pada mereka yang mengira anda adalah operator segalanya di tempat anda. boleh saja kalau individu pns meminta bantuan anda dengan satu kesepakatan yang tidak merugikan anda sebagai ops.

Sesuai dengan Pedoman PUPNS, mengisi data e-pupns itu adalah tanggung jawab individu masing-masing pns yang bersangkutan. salah satu tujuan e-pupns secara online adalah meng-ict-kan pns, terutama guru-guru. ingat....! bulan november 2015 nanti guru di seluruh indonesia akan menghadapi UKG 2015. apa nanti juga harus ops yang mengisikannya ukg-nya...??? kan, akan diisi oleh masing-masing guru.

Selain itu, Pak Nazarudin Kompetan dan pak Yusuf Rokhmat juga menyentil masalah ini di dalam status beliau. OPS TETAP SEMANGAT....! SALAM SATU DATA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...