Cara Cetak Surat Pernyataan Pakta Integritas Data Dapodikdas

Surat Pernyataan Pakta Integritas pada web dapodikdas bukti pertanggungjawaban kepala sekolah bahwa data sekolah yang dikirim oleh operator sudah sesuai dengan kebenarannya tanpa rekayasa dan diketahui oleh Operator dapodik dinas kab/kota serta yang mengesahkannya adalah KKDataDik Dinas Kab/kota. Sebelum mengirimkan surat tersebut ada baiknya sekolah mengecek terlebih dahulu data yang dikirim apakah benar-benar sudah valid dan sesuai dengan data pada aplikasi dapodik juga di web server dapodikdas.

Berikut adalah salah satu "contoh surat Pernyataan Pakta Integritas" yang saya maksud

Dengan ini saya Nama kepala sekolah dari Nama Sekolah menyatakan bahwa data yang dikirimkan oleh operator sekolah saya Nama OPS sudah saya periksa kebenaran dan kemutakhiran datanya sesuai dengan fakta di lapangan tanpa ada rekayasa dan saya bertanggungjawab jika dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian antara data yang dikirimkan dengan fakta, saya siap menerima sanksi moral, sanksi administrasi dan sanksi hukum sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan.

Baca juga Permasalahan Data Dapodik Tidak valid

ATAU Panduan Aplikasi dapodik paud-dikmas

Catatan :

  1. Dokumen ini dapat dicetak jika data di nilai sudah lengkap dan aktual
  2. Dokumen ini di buat oleh sekolah dan di sahkan oleh dinas kab/kota
  3. Jika ada perubahan data sesuai dinamika sekolah, maka lembar yang berubah saja yang diparaf
  4. Lampiran merupakan data yang sudah di sahkan pihak sekolah dan dinas kab/kota

Berikut langkah-langkah mencetak surat pernyataan pakta integritas pada web server dapodikdas

Login menggunakan username, password, dan kode registrasi dapodikdas sekolah anda melalui alamat berikut: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, pada halaman profil satuan pendidikan, klik tombol "pakta Integritas" seperti penampakkan pada gambar dibawah

gambar cara cetak fakta integritas dapodikdas

Langkah berikutnya, browser anda akan diarahkan ke halaman pakta integritas, untuk mencetaknya, klik kanan mouse laptop anda, lalu pilih "cetak", selanjutnya surat tersebut ditandatangani oleh operator sekolah kemudian baru diserahkan kepada kepala sekolah selaku penanggungjawab.

gambar contoh surat pakta integritas dapodik

Itulah cara saya mencetak pakta integritas dapodikdas dan saya yakin sahabat operator sekolah pasti sudah paham caranya. Akhir kata sekian dan terima kasih semoga tulisan ini bermanfaat.