Apa Tujuan Dari Belajar Dan Pendidikan ?

Mengutip kalimat yang ditulis oleh bapak Taufik lone (admin PDSP) melalui status Fbnya mengenai tujuan dari belajar dan pendidikan itu sendiri menurutnya seperti apa ya ? mari kita baca sama-sama agar menambah wawasan khususnya kepada saya yang masih terus belajar masalah pendidikan.

Tujuan belajar adalah melatih kepekaan terhadap gejala yang terdapat di alam semesta sehingga menimbulkan kemampuan untuk memahami setiap aksi dan reaksi suatu kejadian dan pada akhirnya mampu mencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi. Ilmu pengetahuan adalah kumpulan pengalaman terhadap suatu kejadian berikut dengan penyelesaian tehadap masalah yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut.

Tujuan pendidikan adalah membangun peradaban sebaik mungkin sejalan dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Fenomena yang terjadi sekarang ini adalah akibat dari kesalahan pemahaman terhadap tujuan akhir dari pendidikan, seperti, anak belajar supaya pintar dan kelak mampu mewujudkan cita-cita menjadi orang sukses dan berkarir cemerlang, Akibatnya adalah terjadinya persaingan tidak sehat dalam penyelenggaraan pendidikan baik dari tingkat managemen sampai ke tingkat pelaksanaan pendidikan itu sendiri.

Jika ada pertanyaan aneh seperti ini, Mengapa SD harus 6 Tahun, SMP 3 tahun dan SMU 3 tahun ????? dan jawabannya menurut beliau adalah..

Sekolah adalah sebuah sarana yang menyelenggarakan sistem pengajaran, lama belajar di sebuah sekolah disesuaikan dengan kondisi psikologis peserta didik. Sistem dan metoda pembelajaran atau lebih umum disebut dengan kurikulum pada setiap jenjang di sesuaikan dengan perkembangan usia yang diiringi perkembangan psikologis peserta didik, dan biasanya pada jenjang yang lebih rendah diberikan sistem dan metoda yang akan menunjang wawasan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya dan begitu seterusnya. Sampai saat ini di seluruh dunia masih meyakini sistem 6-3-3 untuk masa atau lama belajar pada tiap-tiap jenjang