Diskusi Tentang Tips-Tips Membentuk Karakter Anak

Berikut Masalah dan solusi tentang Pendidikan karakter yang sering di hadapi orang tua, semoga bermanfaat- Pertanyaan : Bagaimana mengatasi anak – anak yang sebenarnya dia anak yang sangat aktif tapi dia terkadang kurang percaya diri, mohon solusi untuk mengatasinya?

Berikan sugesti-sugesti berupa kata-kata yang membangkitkan rasa percaya dirinya, misal: kamu anak hebat, kamu anak yang cerdas dan sejenisnya. Teknik ini harus sesering mungkin diulang oleh banyak orang, seluruh isi rumah dan bekerjasamalah dengan guru sekolah. Lakukan dan katakan dengan tulus. Teknik ini dilakukan dengan membanjiri isi pikiran anak dengan rasa percaya diri.

Bagaimana kita menanggapi anak yang percaya dirinya kurang? Karena akibat kepercayaan diri yang kurang, sikap mereka menjadi takut, kurang komunikatif. Terkadang anak-anak ini cenderung suka marah karena emosionalnya masih sangat tinggi. bagaimana cara menanganinya?

Percaya diri terbentuk secara bertahap, tidak perlu dipaksakan jika masih kecil. Berikan kepercayaan dan rasa aman, jika perlu ditemani. Dengan itu secara bertahap akan tumbuh rasa mampu dan percaya diri.

gambar karakter anak

Bagaimana cara mengatasi peserta didik yang bekerjasama dalam menyelesaikan tugas individu atau menyontek massal?

setting kelas, tempat duduk, ketegasan pengawas, peraturan yang dijelaskan diawal, disepakati serta dilakukan.

Bagaimana solusi jika seorang anak berusia 9 tahun tidak mau menulis atau apa pun disekolah?

Berikan pengalaman belajar yang menyenangkan seperti bermain, dan situasi belajar yang tenang, tentram serta aman. Bukan situasi yang tegang dan mengancam.

Tentunya pendidikan karakter harus sudah dimulai sejak dini, tetapi apabila di rumah anak terlanjur manja dan kurang percaya diri, selain sugesti adakah hal lain yang dapat dilakukan pihak sekolah?

Menghadapi seorang anak tentunya berbeda dengan menghadapi banyak anak.
Berikan disiplin dalam lingkungannya. Disiplin dan lingkungan sangat penting untuk membentuk karakter anak. Pihak sekolah dapat membuat aturan kelas yang berkomitmen tinggi serta penuh disiplin. Ingat peraturan di kelas tersebut harus dijalankan dan jika melanggar ada konsekuensi yang tegas. Itu saja yang perlu dilakukan sekolah dan hukuman sebaiknya mengambil hak anak, seperti tidak boleh istirahat dan lain-lain.

Bagaimana cara membangun keberanian anak untuk tampil penuh rasa percaya diri dan membentuk kepribadian anak yang memiliki etika yang baik dalam berbicara dengan orangtua?

Bagaimana peranan pendidikan karakter dalam mengantisipasi maraknya seks bebas dikalangan pelajar?
Nah, bagi bapak/ibu guru serta para orang tua yang membutuhkan informasi lengkap mengenai tips-tips membentuk karakter anak, silahkan unduh Ebooknya DISINI

sumber : http://www.pendidikankarakter.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...