Materi Bridging Course Untuk Pelaksanaan MOS SMP

Materi Bridging Course ini meliputi mata pelajaran matematika, IPA, IPS, Bahasa indonesia, Bahasa Inggris, dan materi permainan disertai panduan penyelenggaraan pelaksanaannya oleh kemdikbud. Metode ini merupakan salah satu strategi yang biasa digunakan sekolah untuk penyiapan peserta didik baru saat pelaksanaan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD) tahun ajaran 2015/2016. Tentunya bagi peserta didik yang baru masuk ke jenjang SMP, banyak diantaranya lulusan yang belum siap mengikuti pendidikan di SMP terutama bagi Sekolah Dasar (SD) yang mutu pendidikannya belum memadai. Selain itu, sekarang ini banyak sekolah menengah pertama yang menjalankan dua sistem kurikulum sekaligus yakni "kurikulum 2013" dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Oleh karena itu dengan segala kekurangannya izinkanlah tukang ketik ini menuliskan sedikit materi bridging course dengan harapan sebagai panduan pelaksanaan bridging course bagi SMP yang sebentar lagi akan melaksanakan kegiatan MOPD SMP.

gambar materi bridging course

Apa itu Bridging course?
Program pembelajaran dari sekolah sebagai pembekalan awal diajarkan dengan berbagai materi pelajaran yang bertujuan meningkatkan kemampuan belajar para peserta didik baru sehingga pada saat melaksanakan kegiatan belajar efektif, mereka mampu mengikuti pelajaran dengan baik dalam artian menguasai materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. "bridging course" disebut juga sebagai jembatan penghubung atau martikulasi yang digunakan untuk menyetarakan bekal awal peserta didik baru. Misalnya guru membahas materi-materi di SD, Psikologis sebagai pendorong semangat belajar peserta didik baru agar termotivasi untuk mengikuti pembelajaran di SMP.

Bagaimana Metode Bridging Course?
Sebagaimna kita ketahui, metode tersebut tidak luput dari kurikulum yang diterapkan oleh sekolah, diantaranya

  1. PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
  2. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
  3. Pembelajaran Berdasarkan Masalah
  4. Pembelajaran Kooperatif
  5. Pembelajaran dengan Melakukan,.

Adapun sebagai pendukung pembelajaran bridging course, diperlukan sebuah media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran seperti artifisial, realita, konkret, visual, dan abstrak, media elektronik. Bapak ibu guru juga bisa membuatnya melalui Microsoft powert point di tambah dengan animasi yang menarik. Hal tersebut berguna untuk menambah minat dan semangat belajar peserta didik baru.

Bagi bapak ibu guru yang membutuhkan materi bridging course, silahkan download filenya melalui link di bawah ini, semoga bermanfaat. Dan bagi yang kesulitan mendapatkannya, silahkan hubungi saya melalui fanspage facebook. Terima kasih

Atau Baca juga : Materi MOS SMP lengkap

Itulah beberapa materi bridging course yang bisa saya upload di blog pendidikan ini. Saya berharap tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya yang membutuhkannya. Lebih dan kurang saya mohon maaf. Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...