Brainstorming Bagaimana Dapodikdas Bekerja

Berikut ini informasi dari admin pusat pendataan terkait tentang bagaimana Dapodikdas bekerja. Tantangan yang dihadapi dalam proses penjaringan data modern adalah kondisi SDM maupun perangkat dilapangan yang masih minim. Sistem pendataan diciptakan untuk mencari solusi, Namun tidak menutup mata kondisi infrastruktur yang ada. Sekolah sebagai client Sumber data dapat dikategorikan menjadi 3 kelompok

1. Sekolah online (30%)

Sekolah tersebut memiliki komputer Dan jaringan internet, sekolah kategori ini mampu melakukan aktivitas Pendataan secara full online, karena fasiltas Dan SDM mendukung tidak menjadi kendala jika harus terhubung internet kapanpun.

2. Sekolah offline (50%)

Sekolah memilikI komputer namun tidak memiliki jaringan internet

3. Sekolah tanpa teknologi (20%)

Sekolah tidak memiliki komputer apalagi terhubung jaringan internet. Dapodik telah menganalisis dalam studi awal nya Dan menghasilkan jawaban atas Tantangan tersebut untuk Sekolah online tidak masalah sedangkan bagi Sekolah offline :

Dalam sistem aplikasi Dapodik dqpat bekerja Secara offline, kebutuhan internet hanya Saat melakukan pengiriman data saja. sehingga meringankan beban Sekolah dalam Hal keterbatasan akses internet

instance (instalasi) Aplikasi Dapodik dapat Digunakan lebih dari 1 pengguna dengan akun sekolah yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk memfasilitasi jika sekolah belum memiliki perangkat komputer, internet maupun SDM. Dengan demikian sekolah tersebut dapat di Bantu menggunakan/meminjam komputer Dinas/Uptd/ atau sekolah lain.

Dengan sistem cerdas sinkronisasi data 2 arah kendala diatas dapat diatasi, karena lebih Efektif dan guru tidak perlu mninggalkan kelas, Efisien , 1x kerja dan bermacam manfaat. Sedangkan Hasilnya :

  1. Dapodik mampu Menilai Ptk yang eligable uuntuk mendapatkan Tunjangan profesi Dan aneka tunjangan lainnya.
  2. Dapodik mampu mendeteksi kekurangan dan kelebihan guru tingkat nasional/provinsi/kabupaten/kota/Sekolah bahkan sampai individu guru yg dimaksud secara detail.
  3. Dapodik mampu mendistribusikan NISN s.d Ke satuan pendidikan.
  4. Dapodik mampu memotret realita fakta yang ada menjadi sebuah binary data untuk kemudian dimanfaatkan dalam penyelesaian permasalahan seputar Dunia pendidikan.

Yang paling penting adalah data individu termasuk rahasia penguasaan data wajib oleh negara, tanpa ada unsur komersialisasi di dalamnya. Ini semua karena kerja keras Dan Kerja cerdas operator sekolah seluruh nusantara dengan 1 semangat data berkualitas. Tak terlupa kinerja kkdatadik Dinas kabupaten/kota, para Relawan Dapodik yang tidak dibayar bukan karena tidak bernilai tapi karena Tak ternilai.

Demikianlah informasi pendidikan ini semoga bermanfaat dan menambah semangat rekan-rekan ops senusantara. Salam satu pendataan semoga kita dapat terus berjuang hingga akhir hayat.

0 Response to "Brainstorming Bagaimana Dapodikdas Bekerja"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.