Baca ! 5 Website Resmi SDM-PDSP Kemendikbud Untuk Pendataan Sekolah

Pada kesempatan ini Blog Pendidikan akan berbagi informasi dari Admin Pendataan Pusat SDM-PDSP bapak taufik lone mengenai kevalidan data setiap sekolah pada website sdm kemendikbud. Adapun beliau menjelaskannya melalui kirimannya di status facebook bahwa Menjelang Bulan Maret tahun 2015 ini operator sekolah diharuskan melengkapi serta memvalidasi data sekolah mereka di situs sdm kemendibud diantaranya.

Data Referensi Satuan Pendidikan sudah valid dan lengkap seperti NPSN, SK Pendirian dan Operasional, Sarana Prasarana sekolah dan lain-lain termasuk Data Referensi Peserta Didik harus Valid sesuai berkas Nomor Induk Siswa Nasional ( NISN ) dan Data Individu Sekolah.

Nah ada baiknya kita cek kembali kelengkapan data yang kita entrikan pada aplikasi dapodik sekolah kita masing-masing, seperti apa yang pesankan oleh Admin PDSP ini, sedangkan Sumber data yang harus digunakan adalah melalui "5 website resmi pendataan sekolah kementerian pendidikan kebudayaan" di bawah ini

1. http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
adalah website yang memiliki fasilitas perbaikan data peserta didik ( verifikasi dan validasi ) yang berhubungan dengan NISN, Nama, dan tempat Tanggal Lahir.

2. http://referensi.data.kemdikbud.go.id
Adalah sumber resmi data referensi pendidikan dan kebudayaan yang berhubungan dengan pengelolaan data referensi sebagai acuan sinkronisasi Data Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan NPSN, NISN, SIG satuan pendidikan jenjang PAUD, pendidikan dasar dan menengah.

3. http://pd.data.kemdikbud.go.id : Adalah situs Data peserta didik tahun 2014/2015 yang mengumpulkan data melalui Dapodikdas dan Dapodikmen, yang terintegrasi dalam pengelolaan Data Warehouse Kemdikbud yang bersifat Online. Karena bersifat online maka perlu adanya koordinasi terkait dengan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (verval PD) yang bertingkat dari Satuan Pendidikan, Dinas Kab-Kota, Dinas Provinsi dan Pusat.
Tabel-tabel data individual peserta didik dan rangkuman data mulai dari satuan pendidikan, kab-kota, provinsi dan nasional merupakan hasil akumulasi dari proses pengelolaan DAPODIK (pengumpulan, integrasi, verifikasi-validasi, dan kompilasi)

4. http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
adalah situs resmi Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berhubungan dengan hasil entri aplikasi dapodikdas oleh sekolah-sekolah dan memiliki fasiltas progres pengiriman hasil sinkronisasi, unduh aplikasi, dokumentasi, prefill, validasi, rekap data, tanya jawab seputar permasalahan dapodikdas serta forum media sosial pendataan dapdikdas.

5. http://nisn.data.kemdikbud.go.id
Adalah situs resmi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional serta dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas dan merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.

Situs tersebut juga berfungsi bagi rekan-rekan operator sekolah yang ingin mengecek NISN Peserta Didik apakah NISN siswa yang bersangkutan sudah terdaftar dan valid di sistem NISN sesuai dengan hasil residu Vervalpd yang dikelola operator sekolah.

6. http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/
Adalah situs resmi pengelolaan data master sekolah seperti Identitas sekolah ( NPSN, Alamat, Status, Dan Jenjang ), Dokumen penting ( SK Ijin Operasional, Tanggal SK Ijin, dan file PDF sk izin operasional serta dokumentasi citra sekolah seperti foto profil, sarana prasaran, aktifitas PTK, Peserta didik, Prestasi sekolah, lomba sekolah, program pembangunan, kerusakan sekolah dan lain-lain

Selanjutnya segera komunikasikan kepada admin-admin pusat (VervalPD, VervalSP, DAPODIK DAS/MEN) dan Dinas Pendidikan(KK-Datadik) apabila ditemukan ketidak sesuaian pada data Satuan pendidikan dan data peserta didik di sekolah anda. Demikianlah Informasi singkat ini semoga bermanfaat bagi saya dan anda semua. Salam Pendataan OPS Indonesia.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Baca ! 5 Website Resmi SDM-PDSP Kemendikbud Untuk Pendataan Sekolah"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.