Website Resmi Pengaduan Masalah KIP dan BSM Kemendikbud 2015

Selain membuat website pengaduan masalah Kurikulum 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( kemendikbud ) di tahun 2015 ini juga telah membuat pengaduan online terkait masalah yang berhubungan dengan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) dan Bantuan Siswa Miskin ( BSM ). Jadi seluruh pendidik, tenaga kependidikan, orang tua siswa, dan masyarakat bisa melakukan pengaduan apabila ada permasalahan di daerahnya. Pengaduan juga bisa dilakukan lewat SMS. Menurut saya website tersebut sangat bermanfaat dalam mewujudkan kelancaran dunia pendidikan di indonesia.

Melalui website tersebut anda juga bisa melakukan tanya jawab seputar Kartu Indonesia pintar dan Bantuan Siswa miskin sehingga nantinya kita akan mengerti tujuan dari program pemerintah ini bagi dunia pendidikan. Berikut ini seputar pertanyaan yang mungkin dapat bermanfaat bagi pembaca.

Siapa saja sasaran penerima KIP ?

Pada tahap awal (November – Desember 2014) KIP diberikan kepada 161.840 anak siswa di sekolah/madrasah di 19 Kabupaten/Kota yang telah terdaftar sebagai penerima manfaat Program BSM (Bantuan Siswa Miskin) pada Tahun Ajaran 2013/2014. Pada tahap selanjutnya (Tahun 2015), Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan diberikan secara bertahap.

Berapa jumlah manfaat Program Indonesia Pintar ?

Untuk tingkat SD/MI adalah sebesar Rp225.000/semester (Rp450.000 per tahun), tingkat SMP/MTs Rp375.000/semester (Rp750.000 per tahun) dan tingkat SMA/SMK/MA sebesar Rp500.000/semester (Rp1.000.000 per tahun). Untuk siswa yang akan lulus (kelas 6, 9 dan kelas 12) hanya menerima manfaat untuk 1 semester saja.

Apa saja kriteria/persyaratan siswa penerima KIP?
  1. Berasal dari Rumah Tangga pemilik KPS/KKS yang terdaftar di sekolah/madrasah dan mendapatkan BSM di 2014.
  2. Berasal dari Rumah Tangga pemilik KPS/KKS tetapi belum terdaftar sebagai penerima BSM di sekolah/madrasah.

Demikianlah informasi pendidikan tentang website KIP dan BSM. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi langsung website resminya melalui alamat ini : http://pengaduanpip.kemdikbud.go.id/. Alhir kata sekian dan terima kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...