Contoh Dokumen Persyaratan Pengambilan Dana BSM/PIP Tahap 1 Tahun 2015

Sahabat Pendidikan khususnya Operator Sekolah yang saya hormati. Ceritanya dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang mekanisme pengambilan Program Indonesia Pintar (PIP) yang merupakan kelanjutan dari Bantuan Siswa Miskin (BSM). Nah untuk kapan dana PIP/BSM tahap 1 ini dicairkan tentunya tergantung dari kebijakan setiap daerah. Sedangkan untuk pengusulan PIP sendiri dilakukan melalui aplikasi Dapodik dengan meng enterikan Nomor KPS. Untuk lebih jelasnya silahkan Download Juknis PIP tahun 2015.

Untuk permasalahan tentang Kartu Indonesia Pintar dan BSM, anda bisa mengadu langsung dengan mengunjungi website resmi kementerian Pendidikan Kebudayaan yang membahas seputar pengaduan KIP dan BSM

gambar BSM dan PIP 2015

Proses Pengambilan Dana PIP dan BSM dilakukan oleh Peserta Didik SD, SMP, SMA dan SMK secara mandiri dengan membawa dokumen sebagai berikut :
1. Surat keterangan kepala Sekolah (Download Contoh Formatnya DISINI)
2. Foto COpy Buku Raport Halaman Depan Berisi Biodata Sekolah Lengkap
3. Kartu Pelajar (SMA dan SMK)
4. Didampingi oleh orang tua peserta didik atau 1 Orang Guru (SD dan SMP)
5. Menandatangani Bukti Penerimaan Dana PIP yang disediakan penyalur

Adapun pengambilan dana PIP dan BSM bisa dilakukan secara kolektif yang dikuasakan kepada kepala Sekolah dan Bendahara sekolah dengan ketentuan peserta didik tersebut berada di daerah yang sulit menjangkau ke lembaga penyalur misalnya daerah terpencil, nah lebih tepatnya di daerah tersebut tidak ada kantor lembaga penyalur di kecamatan tempat tinggal peserta didik.

Baca juga: Format FUS Bsm dan pip 2015

Untuk syarat pengambilan secara kolektif dari sekolah berikut dokumen yang harus dipersiapkan sesuai dengan ketentuan Juknis PIP 2015.

Lihat juga Cara: Cek Pencairan BSM 2015
1. Surat Kuasa Kolektif Dari Orang Tua Peserta Didik Penerima Dana PIP/BSM 2015. (Download Disini Contoh formatnya)
2. Surat Permohonan Pencairan Kolektif Ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, kemudian Dinas Pendidikan kabupaten Kota mengajukannya ke direktorat teknis dan sekolah menerima surat rekomendasi pengambilan dana kolektif
3. Surat pertanggungjawaban Mutlak SPTJM Pengambilan dana BSM 2015 Bermaterai ( Download Disini COntohnya)
4. Kartu Identitas KTP atau SIM Asli

Informasi Tambahan :
Untuk mempermudah sahabat operator sekolah menggunakan Aplikasi verifikasi Indonesia Pintar kemendikbud silahkan download manual panduan penggunaan Aplikasi PIP 2015 DISINI. Terima kasih, semoga informasi yang saya tulis kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...