Apa Visi dan Misi Universitas Terbuka (UT) Indonesia?

Universitas terbuka (UT) merupakan perguruan Tinggi Negeri yang ke 45 yang ada di Indonesia dan diresmikan pada 4 Sepetember 1984. Peresmian Universitas terbuka (UT) ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Adapaun moto atau jargon dari universitas ini adalah ‘Membuka Akses Pendidikan Tinggi Untuk Semua’. Universitas ini berbeda dengan universitas pada umum. Karena pada Universitas terbuka (UT) menggunakan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Cara tersebut diberlakukan dengan tujuan agar mahasiswa lebih aktif belajar secara mandiri menggali bidang studi yang dia ambil. Namun tidak semua sistem yang ada pada Universitas terbuka berbeda secara keseluruhan dengan universtas pada umumnya. Karena di Universitas Terbuka juga menggunakan sistem SKS (Sistem Kridit Semester) yang dibebankan kepada mahasiswa dengan setiap mata kuliah memiliki bobot 1 hingga 6 SKS. Sementara itu untuk kegiatan belajar dalam satu semester di laksanakan kurang lebih 16 minggu.

Baca juga: Cara Pendaftaran Universitas Terbuka 2016.

Adapun fakultas yang ada di Universitas Terbuka juga tak kalah beragamnya dengan fakultas yang ada di Universitas pada umumnya. Anda bisa melihat di Universitas Terbuka terdapat setidaknya fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan ada juga program Pascasarjana serta program Sertifikat. Sementara itu fisi yang dimiliki oleh Universitas terbuka (UT) adalah menjadikan institusi PTTJJ yang berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pndidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam pengembangan teori dan praktik PTTJJ. Sementara itu untuk misinya adalah:

  1. menyediakan akses tinggi yang berkualutas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ guna menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
  2. Mengkaji serta mengembangkan sistem PTTJJ.
  3. Mendesiminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantang kebutuhan pembangunan nasional.

Setelah membaca tahu mengenai ulasan serta visi dan misi dari Universitas terbuka (UT) kami harap anda memiliki gambaran mengenai bagaiamana Universitas Terbuka ini. Untuk bisa masuk menjadi mahasiswa dari Universitas terbuka (UT) ini anda tidak perlu repot- repot. Karena pihak kampus sendiri sekarang sudah menyediakan pendaftaran secara online yang bisa anda akses dimana dan kapanpun anda berada. Namun yang perlu anda perhatikan sebelum mendaftar adalah waktu kapan Universitas terbuka (UT) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru.

Untuk mendapatkan informasi itu juga tidak terlalu sulit, anda hanya tinggal mengakses situs resmi dari Universitas terbuka (UT) untuk mengetahui kapan jadwal pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Bagaimana anda tertarik untuk menjadi mahasiswa dari Universitas terbuka (UT)! Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, sekian dan terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Apa Visi dan Misi Universitas Terbuka (UT) Indonesia?"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.