Contoh Kelebihan Yang Dimiliki Mahasiswa Pertanian

Pernahkah Anda sebagai Seorang mahasiswa yang bertanya apakah sesungguhnya tugas mahasiswa? Tugas utama sebagai mahasiswa yaitu belajar secara total sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan yang dipilihnya. Itulah penggalan paragraf dari jurnal untuk Profesor Urip Santoso, seorang dosen dari Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Kita dapat mengetahui bahwa banyak sekali mengenai peran yang diemban oleh mahasiswa, di antaranya yaitu yang populer sebagai agent of change, social control, dan sebgai iron stock.

Mahasiswa merupakan pemuda-pemudi bangsa dengan berbagai macam dan keunggulan. Mereka pula yang menjaga mengenai kestabilan Negara, membawa inovasi dan perubahan, serta mempersiapkan benih pemimpin yang unggul. Bukti nyata yaitu ada di hadapan kita, orde reformasi, demonstrasi positif, serta pemimpin-pemimpin muda yang semuanya itu berkaitan erat dengan mahasiswa. Suatu bangsa yang kaya dengan SDA dan SDM akan tetapi rapuh jika didera berbagai permasalahan yang juga menjadi salah satu tanggungjawab untuk kemudian dibenahi oleh mahasiswa.

Ada tugas utama yang sebenarnya harus dipikulkan kepada mahasiswa yaitu untuk mempelajari bidang ilmu yang dipilihnya dengan total sebagaimana yang disampaikanoleh Profesor Urip. Dengan belajar secara total, maka setiap permasalahan yang ada pada bangsa kita akan mudah untuk diatasi. Jika ada masalah mengenai pertanian, maka mahasiswa pertanian ini berperan menyelesaikan permasalahan yang ada. Begitupun jika terjadi masalah-masalah yang lainnya seperti halnya hukum, ekonomi, teknologi, dan sebagainya. Mahasiswalah yang seharusnya kini memegang peranan penting.

Menurut Profesor Herry Suhardiyanto, rektor IPB, Mahasiswa yang Wajib Memiliki Kelebihan ini. Beliau mengambil contoh dari mahasiswa pertanian.

1. Deal with complexity.

Mahasiswa pertanian ini terbiasa dengan urusan-urusan terbilang cukup rumit. Serta berusaha menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi pada tumbuhan, penyakit-penyakitnya, dengan cara pencegahan, dan juga dengan cara bertanam yang baik.

2. Berpikir sistematis.

Setiap mahasiswa dari pertanian selalu dibiasakan untuk berpikir sistem hingga memiliki system thinking yang cukup kuat. Mereka selalu dihadapkan dengan tanaman dengan lingkungannya, ternak dengan kandangnya, kemudian ikan dengan kolamnya, dll.

3. Kemampuan untuk menghadirkan solusi numerik.

Harus selalu ada dari bukti-bukti kongkret di lapangan yang bisa mendukung setiap alasan yang sudah dikemukakan. Dan itu membutuhkan hasil statistik dari penelitian yang sudah dilakukan.

4. Kepedulian yang tinggi.

Mahasiswa pertanian tersebut akan sangat menghargai di setiap usaha orang-orang kecil seperti halnya buruh tani. Mereka juga terbiasa untuk turun meninjau keadaan nyata di lapangan.

5. Taat asas dan taat aturan.

Dalam pertanian secara keseluruhan sudah ada ukurannya. Dosis obat, kemudian pemupukan, intensitas cahaya, dll. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Mahasiswa Wajib Memiliki Kelebihan ini Contohnya pada mahasiswa pertanian, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Contoh Kelebihan Yang Dimiliki Mahasiswa Pertanian"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.