Video Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9

Contoh Media Pembelajaran Bahasa Inggris – proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Inggris memerlukan banyak kesabaran, waktu, energi, kreativitas dan juga kompetensi. Sedangkan keberhasilan pengajaran maupun pembelajaran kreatifitas bahasa asing termasuk bahasa Inggris ditentukan dari sejumlah faktor berupa linguistik dan juga non linguistik diantaranya siswa, guru, metode, media dan materi yang disampaikan.

Selain itu media pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris sangatlah penting yang berguna dalam membantu siswa memperoleh sebuah konsep baru, kompetensi bahasa dan juga ketrampilan. Sebenarnya sangat banyak jenis alat peraga yang bisa digunakan oleh seorang guru pada proses belajar mengajar, namun guru haruslah selektif ketika memilih. Anda bisa mengambil Contoh Media Pembelajaran Bahasa Inggris seperti dibawah ini :

gambar media pembelajaran bahasa inggris
(a) White Board ( Papan Tulis Putih ).

Yang pertama adalah papan tulis yang mempunyai permukaan putih mengkilap, untuk dapat ditulis: menggunakan pena atau spidol secara khusus yang warnanya berbagai macam dan mudah untuk anda hapus. Sedangkan yang akan Anda perlukan :

  • sebuah spidol papan tulis tebal secara khusus yang mempunyai tinta yang dapat dihapus.
  • spons penghapus berguna untuk membersihkan papan. Sebuah Whiteboard bisa anda gunakan yang sama fungsinya dengan papan tulis guna menulis ataupun menggambar. Meskipun pada awalnya anda kesulitan harus menjaga tulisan agar tetap horisontal, dengan ukuran yang sama pula, Anda tidak perlu berlatih.

Namun sebelum anda harus menulis pada papan tulis ketika dalam proses belajar mengajar dikelas, jangan lupa untuk membuat ringkasan untuk rencana pelajaran dengan tujuan agar lebih memudahkan anda ketika sedang berada dalam kelas. Atau minimal anda sudah tau yang mana harus anda tulis ataupun digambar dalam papan. Itu haruslah lebih jelas sekaligus bisa diatur secara baik.

(b) Poster

Media pembelajaran selanjutnya untuk pembelajaran bahasa inggris adalah Poster. Yang merupakan sebuah perangkat bergambar yang akan dirancang dengan tujuan adalah untuk menarik perhatian ataupun digunakan untuk berkomunikasi ketika guru sedang bercerita, menjelaskan fakta, ide, ataupun gambar secara cepat dan juga jelas. Maupun Kamus Pendidikan yang ada poster bergambarnya atau dekoratif, sehingga bisa memanfaatkan daya tarik secara emosional sebagai penyampai pesan dari guru kepada murid agar mampu memperkuat sikap ataupun mendesak sebuah tindakan. Sehingga untuk pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris memakai poster bisa memperkuat pemahaman dari siswa terhadap materi yang disampaikan.

Media poster bisa didefinisikan dengan sebuah representasi grafis dengan daya tarik secara emosionalnya yang sangat kuat yang mampu dilakukan dengan kombinasi bantu dari grafis misalnya saja gambar, kartun huruf-huruf serta gambar lainnya untuk sebuah plakat. Hal tersebut bisa bertujuan sebagai penyampai pesan tertentu, untuk mengajarkan hal tertentu, sekaligus juga menggambarkan secara umum. Selain itu penggunaan poster juga bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap pemahaman seluruh siswa yang ada di kelas. Semua itu bisa anda jadikan sebagai Contoh Media Pembelajaran Bahasa Inggris.

Berikut beberapa media pembelajaran bahasa inggris dari kemdikbud dalam bentuk Video dan Aplikasi yang bisa diunduh melalui link dibawah

0 Response to "Video Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk SMP Kelas 7,8 Dan 9"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.