Cara Efektif Menyelesaikan Skripsi

Skripsi atau tugas akhir yang merupakan sebuah karya atau penelitian mahasiswa yang memang harus disiapkan supaya dapat mengakhiri masa studi dan wisuda. Untuk sebagian mahasiswa mengerjakan skripsi itu merupakan hal yang sulit dan penuh perjuangan. Mulai dari mencari topic kemudian judul, bahan penelitian sampai dosen pembimbing yang tidak koperatif. Selain itu rasa malas dan juga banyaknya godaan di sekitar mahasiswa juga dapat mempengaruhi lamanya waktu untuk mengerjakan skripsi. Bagi Anda para mahasiswa yang serius ingin menyelesaikan studinya, berikut ini mengenai tips sukses untuk mengerjakan skripsi supaya cepat selesai dengan baik.

gambar skripsi
1. Buatlah target yang realistis.

Banyak dari mahasiswa yang menetapkan target terkadang kurang realistis di dalam menyiapkan skripsi. Sebaiknya Anda tentukan dulu pada bulan ataupun semester berapa Anda akan di wisuda. Hitunglah waktu yang tersedia dan kemudian usahakan untuk menjaga jarak di waktu sidang skripsi dengan wisuda yang tidak terlalu mepet, karena wisuda dan juga urusan akademik ini cukup menyita waktu serta tenaga Anda. Selain itu Anda juga harus bisa mempertimbangkan waktu yang dipakai sebagai revisi bab dan materi skripsi sesuai dengan arahan oleh dosen pembimbing.

2. Jangan menunda-nunda.

Setelah Anda mendapatkan arahan dari dosen pembimbing atau mendapatkan ide mengenai materi yang akan Anda tulis, maka segera untuk Anda tuliskan dalam draft skripsi Anda. Jangan tunda untuk menuliskan ide yang datang dari pikiran Anda, karena ide yang tidak dituliskan ini akan hilang dengan sendirinya dan Anda juga akan menyesal nanti pada saat skripsi yang seharusnya sesuai dengan target ternyata melenceng dari yang sudah ditetapkan.

3. Trik Cepat Selesaikan Skripsi Berkualitas selanjutnya yaitu Kurangi aktifitas yang mengganggu.

Jika biasanya Anda mempunyai waktu yang cukup banyak untuk nongkrong, hangout, atau untuk bermain bersama teman-teman, sebaiknya sedikit demi sedikit kurangi untuk aktifitas tersebut dan kemudian fokuslah untuk menyelesaikan skripsi Anda dengan tepat waktu. Hindari godaan yang datang dengan tekad serta kemauan yang kuat demi masa depan Anda.

4. Minta pendapat senior.

Jika Anda kehabisan ide atau kekurangan bahan untuk skripsi, maka sebaiknya hubungilah senior di jurusan Anda yang meneliti subjek atau untuk metode yang sama dan mintalah pendapat mereka mengenai skripsi yang sedang Anda kerjakan. Biasanya senior yang telah tamat dan ini meneliti subjek dan metode yang sama juga memiliki pengetahuan yang cukup luas mengenai penelitian Anda, sehingga banyak ide yang tidak Anda pikirkan yang bisa digali melalui senior Anda. Selain itu para senior juga memiliki buku-buku atau untuk materi pendukung yang bisa Anda pinjam sebagai penunjang dan juga referensi skripsi Anda.

5. Berdoa

Jika semua hal sudah Anda lakukan, dari penetapan target, mencari referensi, kemudian melakukan konsul dengan dosen pembimbing, setelah itu berdoalah supaya skripsi yang Anda kerjakan ini berjalan dengan lancar demi masa depan yang lebih baik. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Trik Cepat Selesaikan Skripsi Berkualitas, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Efektif Menyelesaikan Skripsi"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.