Tips Agar Pelajar Terhindar dari Bahaya Narkoba

Bahaya penyalahgunaan narkoba memang sangat meresahkan bagi masyarakat dan bangsa. Karena obat terlarang ini sesorang bisa melupakan segalanya dan hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan obat haram tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi urutan kedua yang paling banyak menyalah gunakan obat haram ini adalah dari kalangan pelajar setelah kalangan para pekerja. Tentu hal ini sangat mengingat masa depan bangsa terletak pada generasi mudanya. Rasa penasaran yang tinggi ditambah lagi dengan sifat labil yang dimiliki oleh anak muda menjadikan mereka mudah terjerat oleh obat- obatan terlarang tersebut. Oleh karena itu banyak para pelajar menjadi sasaran pengedar narkoba.

Untuk mengatisipasi hal semacam ini diperlukan peran aktif semua elemen yang ada. bukan hanya tanggung jawab kepolisian atau pihak sekolah untuk menjaga para pelajar terhindar dari jeratan narkoba, peran aktif orang tua sangat berperan dalam mencegah penyebaran narkoba dikalangan pelajar.

Bagi orang tua yang tidak ingin anaknya menjadi korban dari para pengedar narkoba. Sebaiknya cermati hal berikut agar anak anda benar- benar aman dari obat haram tersebut:

  1. Selalu memantau siapa yang menjadi teman anak kita Pastikan anak anda bergaul dengan teman- teman yang memilki prilaku positif. Jangan sampai anak anda bergaul dengan teman yang memiliki kebiasaan negatif. Jika anak anda sudah terlanjur bergaul dengan anak- anak yang seperti itu, berikan ia kesibukkan baik itu dengan les atau memberikan ia sebuah tanggung jawab di rumah.
  2. Cegah agar anak anda tidak keluyuran hingga larit malam Anak yang keluyuran hingga tengah malam mayoritas memiliki aktifitas yang kurang manfaat atau bahkan negativ. Pastikan anak anda tidak melakukan hal tersebut. Tetap berikan mereka kesempatan untuk keluar malam namun anda harus memiliki batas toleran kapan harus sampai di rumah.
  3. Arahkan anak anda untuk memiliki hoby dan aktvitas yang positif Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengalihkan perhatian anak kita dari obat- obatan terlarang adalah membimbing mereka memiliki hoby yang positif. Selain itu anda juga bisa memberikan kesibukan yang sekiranya tidak memberatkan anak kita sehingga ia memiliki kesibukan diluar jadwal sekolahnya.
  4. Bantu mereka ketika sedang mengalami masalah Jangan biarkan anak anda mengalami strees berkelanjutan. Karena strees yang parah akan membawa mereka ke jalan yang salah. Boleh anda membiarkan seorang anak belajar untuk memecahkan dan menyelesaikan permasalahanya. Namun ketika sudah mencapai batas kemampuanya, sebaiknya anda turut ikut campur membantu apa yang menjadi problematika mereka.

Itulah beberapa hal yang sekiranya perlu diperhatikan orang tua agar anak kita terhindar dari narkoba. Dengan melakuakan langkah antisipasi ini berarti anda juga ikut membantu mengurangi pelajar menjadi sasaran pengedar narkoba sehingga generasi bangsa ini juga bisa terjamin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Tips Agar Pelajar Terhindar dari Bahaya Narkoba"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.