Apa itu Pendidikan Karakter?

Orang yang pandai dalam segi keilmuan memang sangatlah banyak tapi orang yang mengerti dan memiliki karakter yang baik itu sangat sedikit. Pintar saja ternyata tidaklah cukup, jika memiliki karakter yang kurang menyenangkan. Berbeda lagi dengan orang yang sejak dini sudah ditanamkan pendidikan karekter. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk ditanamkan pendidikan karakter terhadap para remaja dan pemuda terlebih kepada para mahasiswa. Pendidikan karakter ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pemikiran seseorang, serta perilakunya. Sebenarnya pendidikan karakter ini sudah seharusnya ditanamkan sejak dini, sejak masa anak-anak, harapannya agar bisa menjadi orang yang mandiri kedepannya.

Anda tidak akan dibutuhkan oleh orang lain, jika anda hanya menjadi orang yang pandai tanpa memperhatikan perilaku yang anda miliki. Karena sekarang ini tidak hanya mencari orang yang pintar saja tapi juga orang yang memiliki perilaku baik terhadap sesama. Karena dengan perkembangan zaman yang kini semakin maju, banyak sekali pengaruh-pengaruh barat masuk di tanah air, yang kemudian meracuni pemikiran generasi bangsa dan berperilaku tidak baik. Jika kita tidak segera menanganinya maka moral bangsa akan terus tergerogoti. Hal yang demikian tentu tidak dinginginkan oleh kita semua, maka dari itu mulai sekarang marilah kita tanamkan pendidikan karakter kepada anak cucu kita. Agar bisa menjadi generasi yang bermanfaat untuk bangsa dan membangun bnagsa menjadi lebih baik.

Pendidikan karakter ini tidak hanya diajarkan di bangku sekolah saja, tapi juga bisa kita ajarkan dilingkungan keluarga yang memiliki pengaruh besar. Kita harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anak kita agar terbentuklah karakter yang baik pula. Tidak akan bisa merubah karakter anak, jika kita hanya menasehatinya. Karena mereka melihatnya pada tindakan, untuk itu mari kita contohkan dengan tindakan. Sementara untuk para mahasiswa apa yang bisa kita tanamkan dalam hal pendidikan karakter? Kita bisa memberikan pengetahuan terkait tindakan-tindakan sosial yang harus kita lakukan kepada orang lain, baik itu dalam hal menghargai orang lain, ataupun bersikap kepada orang lain. Ini menjadi pembelajaran yang sangat penting.

Karena perlu kita ketahui, ketika pendidikan karakter ini tidak ditanamkan yang terjadi adalah kebebasan dalam bertindak dan semena-mena tanpa memperhatikan hak-hak orang lain. Bisa saja bertindak anarkis dalam menghadapi permasalahan. Hal inilah yang menjadi perhatian khusus agar kita bisa mencegah hal tersebut tidak terjadi. Dengan demikian maka perilaku baik dan pemikiran yang cerdas akan dimiliki oleh seseorang yang tertanamkan pendidikan karakternya. Demikianlah Pentingnya penanaman pendidikan karakter, yang perlu untuk kita bangun kepada generasi-generasi muda kita, agar bangsa nantinya dipimpin oleh mereka yang cerdas dan berperilaku baik.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Apa itu Pendidikan Karakter?"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.