Contoh Media Pembelajaran PKN Untuk SMA/ SMK Kelas 10, 11, 12

Pendidikan Kewarganegaraan atau biasa disingkat dengan PKN mata pelajaran yang penting terutama dalam tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini karena PKN megajarkan kepada anak didik untuk lebih paham dan cinta terhadap negara. pemahaman seperti ini pastinya sangat dibutuhkan bagi generasi muda anak bangsa ini agar nantinya keutuhan dan persatuan bagsa tetap bisa terjaga. Untuk lebih memudahkan memahamkan mereka mengenai materi- meteri yang ada di mata pelajaran PKN anda bisa menggunakan/ memanfaatkan media yang ada. Kita harus lebih inovatif dan jangan hanya berkutat dengan metode pembalajaran yang itu- itu saja seperti model pembelajaran yang ada pada umunya yakni hanya menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, khusus bauta anda berikut kami akan uraikan beberapa media yang bisa anda gunakan sebagai Media Pembelajaran PKN Untuk SMA/ SMK.

1. Menggunakan power point
Media ini bisa anda gunakan untuk memudahkan anda menyampaikan materi terkait PKN kepada peserta didik. Dengan menggunakan Power Point, anak akan lebih mudah memahi ketimbang mereka harus melihat materi di modul. Karena di power point kita hanya menunjukkan poin-poin pentingnya saja terhadap materi yang kita sampaikan dan itu akan lebih mudah di pahami.

2. Menggunakan media audio video
Di dalam mata pelajaran PKN terdapat teori- tori mengenai bentuk negara atau pemerintahan. Anak didik akan lebih memehami jika anda tampilkan pengertian dari beberapa tokoh tersebut dengan menggunakan audivisual. Karena dengan menggunakan media audiovisual/ video peserta didik kesmua inderanya akan berfungsi sehingga ingatan mereka terhadap sebuah materi juga akan lebih mudah. Sementara itu untuk mencari bahan refrensiny anda bisa mencari mater- materi terkait PKN di YouTube atau jika anda memang memiliki daya kreatifitas yang tinggi maka anda bisa membuatnya sendiri.

3. Menggunakan media poster untuk melakukan sebuah permainan
Model pemahaman suatu teori menggunakan permainan di mata pelajaran bukan merupakan ide yang buruk. Selain anak- anak akan lebih mudah untuk menghafal dengan model permainan ini mereka juga tidak akan mudah bosan dengan mata pelajaran yang anda sampaikan. Adapun caranya, anda bisa mengisi gambar yang ada di poster dengan salah satu tokoh kenegaraan yag memiliki teori, nah dari situ nanti anda buat permainan sedemikian rupa agar masing anak- anak memegang satu kartu/ poster kecil tersebut lalu mereka disuruh menjelaskan teori apa yang dimiliki oleh tokoh tersebut.

Berikut contoh media pembelajaran PKN untuk SMA/SMK dalam bentuk Power Point

Itulah beberapa media yang bisa anda gunakan sebagai Media Pembelajaran PKN Untuk SMA/ SMK. Bagaimana anda tertarik dengan media- media yang kami paparkan di atas! Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda. sekian dan terimakasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Contoh Media Pembelajaran PKN Untuk SMA/ SMK Kelas 10, 11, 12"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.