Download Media Pembelajaran IPS Untuk SMP Kelas 7,8 dan 9

Contoh Media Pembelajaran IPS - media pendidikan dibutuhkan untuk membantu pembelajaran seorang guru untuk menumbuhkan pemahaman dari siswa pada materi pembelajaran IPS. multi media memang sangat direkomendasikan sebagai media pembelajaran IPS, seperti melalui pengalaman secara langsung seorang siswa dalam lingkungan masyarakat. Diantaranya adalah dramatisasi, pameran serta kumpulan benda-benda, gambar, televise, film, radio recording, foto berbagai ukuran yang cocok dengan pembelajaran IPS, bagan, grafik, chart, skema, surat kabar, peta, majalah, buletin, folder, pamflet maupun karikatur. Selain itu juga bisa dilakukan proses pembelajarannya di perpustakaan, learning resources, dan laboratorium IPS. Dengan metode ceramah, tanya jawab, dan cerita lisan.

Dan dari perkembangan sarana pembelajaran yang awalnya dikenal dengan alat bantu mengajar dan terutama berfungsi untuk alat peraga serta jenisnya juga berawal sangat terbatas untuk alat bantu visual sehingga bisa memberikan pengalaman yang konkrit lewat penglihatan. Namun sesuai dengan perkembangan zaman karena masuknya pengaruh teknologi komunikasi untuk penggunaan alat bantu yang berbentuk audio visual, kegunaan alat bantu tidak lagi untuk alat peraga namun juga di tingkatkan menjadi alat penyalur informasi ataupun materi pembelajaran. Selain itu perkembangan ilmu maupun teknologi media pembelajaran yang telah di kembangkan pun semakin banyak serta beragam.

A. Pemanfaatan Media Massa sebagai media Pembelajaran IPS

Contoh Media Pembelajaran IPS salah satunya adalah dengan memanfaatkan ataupun memberdayakan media massa untuk media pembelajaran IPS yang lebih optimal dan efektif yang mampu menunjang keberhasilan dari pembelajaran IPS dengan tiga cara,diantaranya adalah :

  1. dengan media massa mampu memperbaiki bagian konten kurikulum IPS.
  2. dan media massa bisa juga dijadikan sebagai alat pembelajaran yang sangat penting untuk IPS.
  3. selain itu media massa juga dapat digunakan sebagai penolong siswa dalam mempelajari metodologi dari ilmu-ilmu sosial, terutama dalam
  4. menentukan maupun menginterpretasi dari fakta-fakta sosial.

Karena konsekuensi logis yang menggunakan pemanfaatan media massa untuk Media pembelajaran IPS pada tingkat persekolahan, ada paling tidak 4 buah efek pemanfatan dari media massa, adalah :

  1. sedangkan efek kehadiran dari media massa, juga menyangkut pengaruh pada keberadaan media massa dengan fisik.
  2. sedangkan Efek kognitifnya, adalah tentang terjadinya perubahan apa yang diketahui, dipersepsi siswa atau difahami.
  3. pada Efek afektif, tersebut berkenaan pada timbulnya perubahan dengan apa yang dirasakan, dibenci, atau disenangi siswa.
  4. untuk Efek behavioral, yang berkaitan dengan perilaku nyata yang bisa diamati, yang mencakup pola-pola tindakan kegiatan, dan juga kebiasaan berperilaku siswa tersebut.
B. Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran IPS

Terdapat beberapa hal yang wajib anda pertimbangkan untuk pemilihan media pembelajaran. Salah satunya adalah kesesuaian terhadap materi IPS maupun tujuan pembelajaran yang akan di capai. Ini karena media termasuk salah satu komponen pada system pembelajaran. Sedangkan factor-faktor lain misalnya karakteristik siswa, strategi dalam pembelajaran maupun faktor waktu memang sangat perlu untuk di pertimbangkan sebagai Contoh Media Pembelajaran IPS.

gambar media pembelajaran IPS SMP

Bagi bapak dan ibu guru IPS yang membutuhkan, silahkan unduh media pembelajaran IPS melalui link dibawah

Demikianlah beberapa contoh media pembelajaran yang bisa kami bagikan melalui tulisan singkat ini, bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan, silahkan unduh media pembelajaran IPA SMP. Terima Kasih

0 Response to "Download Media Pembelajaran IPS Untuk SMP Kelas 7,8 dan 9"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.