Tips Membangun Relasi Di Dunia Perkuliahan

Membangun relasi atau koneksi merupakan hal yang penting untuk dilakukan bagi para mahasiswa, karena hanya kuliah saja tidak cukup dan tidak menjamin anda bisa sukses. Nyatanya sekarang ini ada banyak sekali sarjana yang nganggur, hal ini disebabkan karena di masa perkuliahannya tidak membangun relasi ataupun koneksi, yang merupakan hal penting untuk dilakukan. Karena ketika anda sudah lulus kulia nanti, yang anda hadapi adalah dunia kerja. Sementara, di dunia kerja penuh dengan persaingan yang sangat ketat, jika anda tidak mempersiapkan sejak dini maka setelah lulus anda bisa-bisa menjadi sarjana nganggur. Lalu untuk apa kuliah jika nantinya demikian?

Oleh sebab itulah maka yang harus anda lakukan adalah membangun relasi. Dan kali ini admin ingin memberikan tips yang bisa anda terapkan untuk menjalin relasi, berikut penjelasannya:

1. Memiliki pikiran yang terbuka

Bagaimanapun anda harus memiliki pikiran yang terbuka, yang artinya janganlah menutup diri. Sehingga membatasi pergaulan, cobalah untuk berteman dengan siapa saja. Dan hanya berteman dengan orang yang memberikan kenyamanan untuk anda. Karena ketidaknyamanan saat kita berteman dengan orang lain akan melatih kita bisa hidup dimanapun berada. Ini bermanfaat ketika anda nanti berada di dunia kerja yang penuh dengan persaiangan. Anda akan bisa bertahan, meskipun ada orang yang tidak membuat anda nyaman. Dengan berfikiran terbuka anda bisa membuka diri untuk berteman dengan siapapun, dan itu adalah salah satu cara membangun relasi.

2. Masuk organisasi

Usahakan agar di masa perkuliahan ikut organisasi. Karena kesuksesan tidak bisa diraih hanya dengan menjalani perkuliahan. Karena track kepemimpinan merupakan suatu hal yang penting untuk dibangun. Dengan ikut organisasi anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan mengetahui bagamana caranya agar bisa memimpin serta melatih komunikasi yang baik. Untuk jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu saja.

3. Memanfaatkan media sosial

Untuk membangun relasi yang kuat salah satunya adalah dengan memanfaatkan adanya media sosial. Jangan hanya menggunakan media sosial karena hobi menulis status ataupun uplod foto. Yang terpenting itu adalah bagaimana kita bisa mengenal banyak orang dan menjalin silaturahmi dengan berbagai kalangan. Menjalin komunikasi yang baik dengan banyak orang itu akan menjadi anda lebih luwes dalam berkomunikasi dengan siapapun dan membuat anda banyak kenalan. Semakin banyak orang mengenal anda maka semakin kuat pula relasi anda.

4. Dekati dosen

Mendekati dosen bukan memiliki maksud tertentu, tapi agar anda bisa mendapatkan pengarahan dan banyak informasi dari dosen. Dengan demikian maka ketika anda nanti lulus kemudian bingung karena masih belum mendapatkan pekerjaan, bisa jadi dosen anda menawarkan pekerjaan untukmu.

Demikianlah ulasan mengenai Tips membangun relasi di dunia perkuliahan yang bisa anda coba. Semoga informasi ini bisa membuat anda lebih sadar, bahwa kuliah saja tidak cukup.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 Response to "Tips Membangun Relasi Di Dunia Perkuliahan"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik.
Harap Tidak Mengkopi Paste Posting ini secara keseluruhan. Karena akan menghancurkan blog ini. Silahkan bila ingin menjadikannya referensi.